Tuesday, September 2, 2014

Kuda Lumping

Kita sering melihat anak-anak kecil bermain kuda-kudan. Biasanya Ayah mereka menjadi kudanya. Begitu pun anakku, Didinya sepulang dari bekerja sering ditodong menjadi kuda. Kadang pun ia menggunakan bantal untuk menjadi kuda imajinasinya. Nah, aku menawarkan Kay mau nggak dibuatkan mainan Kuda Lumping. Ia setuju dengan teriak "mauuuuuu". Aku memperlihatkan video tentang menari Kuda Lumping, anak-anak berjoget seru. hihihihi.
Pembuatannya mudah saja, butuh kardus bekas, gunting, lem, koran, cat air, kuas, dan niat (hihihi). Bentuk gambar kuda di kardus kemudian gunting. Tempelkan kertas koran pada kardus yang sudah berbentuk kuda, lalu cat dengan warna putih dan dilanjutkan dengan warna sesuai kesukaan. Kay meminta warna pink tapi karena cat air kami habis jadi warnanya seadanya saja.. Tetep keren kan....."yihaaaa...jaranan...jaranan..jarane jaran kepang"
"Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. Tarian ini menggunakan kuda yang terbuat dari bambu atau bahan lainnya yang di anyam dan dipotong menyerupai bentuk kuda, dengan dihiasi rambut tiruan dari tali plastik atau sejenisnya yang di gelung atau di kepang. Anyaman kuda ini dihias dengan cat dan kain beraneka warna. Tarian kuda lumping biasanya hanya menampilkan adegan prajurit berkuda, akan tetapi beberapa penampilan kuda lumping juga menyuguhkan atraksi kesurupan, kekebalan, dan kekuatan magis, seperti atraksi memakan beling dan kekebalan tubuh terhadap deraan pecut." -Wikipedia





No comments:

Post a Comment